Skip to main content

Soal dan jawaban UAS SIM Sistem Informasi Manajemen

Soal dan jawaban UAS matakuliah Sistem Informasi Manajemen

1. Bagaimana system informasi mampu melakukan perubahan bisnis dan apa hubungannya dengan globalisasi ?
a. Jelaskan bagaimana system informasi telah mengubah cara mengoperasikan bisnis dengan produk dan layanannya
dengan melakukan otomatisasi terhadap sistem yang mengalirkan informasi dari perusahaan kepada pemasoknya dan sebaliknya. Otomatisasi itu dilakukan dalam usaha untuk mengoptimalkan perencanaan, persediaan bahan baku, produksi, pengiriman produk dan jasa. Jika aliran informasi ini berlangsung dengan lancar dan cepat, maka perusahaan tidak perlu memiliki gudang sendiri untuk menyimpan bahan baku.
b. Sebutkan 3 trend terbaru sistem informasi
3 trend  terbaru system informasi
- E-commerce atau electronic commerce
- E-bisnis
- Enterprise information system (entis)
c. Jelaskan karakteristik perusahaan digital
karakteristik system informasi
    1. Manfaat
             -Memfasilitasi pencapaian sasaran organisasi
                          -Memfasilitasi akses ke informasi
             -Memberikan keuntungan kompetitif
-Menghemat waktu pengguna
-Meningkatkan kapasitas komunikasi dan kualitasnya
                2. Menyediakan kapabilitas teknis
            -Interpretasi tertulis
 -Akses ke email
 -Memberikan forecasting
 -Informasi dihasilkan keberbegai tingkat detil
d. Jelaskan tantangan dan peluang globalisasi di dunia yang datar (flattened world)
Tantangan:
Kegagalan sistem informasi perusahaan mencakup proyek yang ditinggalkan sebelum penerapannya, sehingga organisasi kembali menggunakan sistem informasi perusahaan terdahulu.
Peluang:
-          Alat-alat Pengembangan ERP yang Dipercepat
-          Perangkat Lunak yang Mudah Digunakan
-          Menyatukan Database dan Sistem Perusahaan

2. Jelaskan secara rinci apa yang disebut system informasi ? Bagaimana ia bekerja ? Apa kaitannya dengan manajemen, organisasi dan komponen teknologi
a. Definisi system infromasi dan jelaskan perannya
Pengertian Sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan. Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem. Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya dan untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan.

Peran system informasi:
1. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya low-cost leadership. Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry)dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar. Selain itu, cara lain yang dapat ditempuh adalah mengikat (lock in) konsumen dan pemasok dengan cara membangun hubungan baru yang lebih bernilai dengan mereka.

2. Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
Penggunaan ATM. automated teller machine dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun. Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran (switching costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan penerbangan besar. Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem reservasi terkomputerisasi tersebut, maka mereka akan segan untuk menggunakan sistem reservasi dari penerbangan lain.

3. Membangun Sumber-Sumber Informasi Strategis
Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem informasi, dan melatih end users.

b. Daftar dan jelaskan dimensi organisasi, manejemen dan teknologi dari system informasi
· Dimensi organisasi 
 Dimensi organisasi melibatkan hirarki organisasi, keahlian fungsional, proses bisnis,budaya, dan   politis. Daftar yang termasuk dalam dimensi organisasi adalah : “Manajemen Tingkat Senior,     manajemen tingkat menengah, manajemen tingkat operasional.”
·  Dimensi manajemen 
   Dimensi manajemen meliputi kepemimpinan, strategi dan perilaku manajemen.
· Dimensi teknologi 
  Dimensi teknologi terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak komputer, teknologi manajemen    data dan teknologi jaringan / telekomunikasi (termasuk internet)

c. Bedakan antara data dengan informasi, sistem informasi dan komputer
Data :

  • Data diperoleh dari media – media. Contohnya ; majalah, Koran, internet, televisi.
  • Data terdiri dari kumpulan – kumpulan informasi.
  • Data dapat diperoleh dari penelitian dan perhitungan. Contohnya ; data jumlah beruang di kebun binatang.
Informasi
  • Informasi memiliki 2 jenis : Tulisan :contoh majalah,surat kabar,bulletin. Lisan :contoh komunikasi 2 arah.
  • Informasi adalah ide pokok pikiran yang bisa di beritakan dan untuk mengambil keputusan.
d. Jelaskan bagaimana internet dan www saling berhubungan dengan komponen teknologi yang lain dari sistem informasi
Internet : adalah jaringan internal corporate berbasiskan teknologi.
World Wide Web : merupakan jasa yang diberikan internet yang menggunakan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, mebentuk dan menampilkan informasi dalam halaman internet.
Cara keduanya mengubah peran yang dijalankan informasi adalah agar mempercepat arus informasi kepada pelanggan yang mengakses jaringan tesebut.

3. Bagaimana sistem bisa melayani berbagai tingkatan manajemen dalam sebuah bisnis ?
a. Jelaskan karakteristik sistem pengolah transaksi dan aturan mainnya dalam sebuah bisnis
Sistem pengolahan transaksi memiliki beberapa karakteristik, antara lain sebagai berikut:
* Volume data yang di-proses relatif sangat besar.
* Kapasitas penyimpanan data (database) tentu sangat besar.
* Kecepatan pengolahan di-perlukan sangat tinggi agar data yang banyak bisa diperoses
dalam waktu singkat.
* Sumber data umumnya internal dan keluarannya umumnya untuk keperluan internal.
* Pengolahan data biasa dilakukan periodik, harian, mingguan, bulanan, dsb.
* Orientasi data yang dikumpulkan umumnya mengacu pada data masa lalu.
* Masukan dan keluaran terstruktur, data diformat menurut suatu standar.
* Komputasi tidak terlalu rumit.
Aturan main dalam berbisnis
·         Pengendalian Diri 
·         Pengembangan Tanggung Jawab Sosial (Social Responsibility
·         Mempertahankan Jati Diri
·         Menciptakan Persaingan yang Sehat
·         Menerapkan Konsep “Pembangunan Berkelanjutan”
·         Menghindari Sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi,Kolusi dan komisi)
·         Mampu Menyatakan yang Benar itu Benar
·         Menumbuhkan Sikap Saling Percaya antar Golongan Pengusaha
·         Konsekuen dan Konsisten dengan Aturan main Bersama
·         Memelihara Kesepakatan
·         Menuangkan ke dalam Hukum Positif

  1. Jelaskan karakter dari manajemen sistem informasi dan jelaskan apa perbedaannya dengan sistem transaksi dan DSS (sistem penunjang keputusan)
Manajemen menengah membutuhkan sistem untuk membantu dengan pemantauan, pengendalian, pengambilan keputusan, dan kegiatan administrasi .
• MIS menyediakan manajer menengah dengan laporan kinerja organisasi saat ini. ini
Informasi ini digunakan untuk memantau dan mengendalikan bisnis dan memprediksi kinerja masa depan.
• MIS meringkas dan melaporkan operasi dasar perusahaan menggunakan data yang disediakan oleh TPS  Data transaksi dasar dari TPS yang dikompresi dan biasanya disajikan dalam laporan bahwa diproduksi pada jadwal teratur.
• MIS melayani manajer terutama tertarik pada hasil mingguan, bulanan, dan tahunan, meskipun beberapa MIS memungkinkan para manajer untuk menelusuri untuk melihat harian atau per jam data jika diperlukan.
• MIS umumnya memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan rutin yang telah ditetapkan di muka dan memiliki prosedur standar untuk menjawab mereka .
• umumnya sistem MIS tidak fleksibel dan memiliki kemampuan analisis sedikit.
• Kebanyakan MIS menggunakan rutinitas sederhana, seperti ringkasan dan perbandingan, sebagai lawan model matematika canggih atau teknik statistik.

MIS berbeda dari TPS dalam penawaran MIS dengan diringkas dan dikompresi data dari TPS. Sementara MIS memiliki orientasi internal DSS akan sering menggunakan data dari sumber eksternal, serta data dari TPS dan MIS. DSS mendukung " apa - jika " analisis daripada jangka panjang terstruktur analisis yang melekat dalam sistem MIS . MIS umumnya tidak fleksibel dan memberikan sedikit analitis kemampuan. Sebaliknya, DSS dirancang untuk tujuan analitis dan fleksibel

  1. Jelaskan karakteristik DSS dan jelaskan perbedaannya dengan ESS (executive support system)
DSS dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur ataupun tidak terstruktur. Dalam proses pengolahannya, DSS mengkombinasikan penggunaan model-model/teknik-teknik analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi. DSS dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi. DSS dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.
Perbedaan DSS dengan ESS
DDS yang memperkirakan perjalanan ini sangat bergantung kepada model analitis. Jenis DDS lainnya yang klurang didorong oleh model. Justru berfokus pada pengambilan informasi yang berguna untuk menunjang pembuatan keputusan dari jumlah data yang bnayak. DDS sebagai sistem inteligensi bisnis karena system ini berfokus pada membantu penggunaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
Sistem pendukung eksekutif (executive support system-ESS) membantu manajemen senior membuat keputusan ini. ESS menangani keputusan tidak rutin yang membutuhkan penilaian, evaluasi dan pendekatan karena tidak terdapat prosedur yang disetujui untuk mencapai solusi. ESS menyediakan perhitungan umum dan kapasitas komunikasi yang dapat diterapkan pada berbagai perubahan masalah.  ESS dirancang untuk menggabungkan data tentang kejadian eksternal, seperti hukum pajak yang baru atau pesaing, tetapi system ini juga menggambarkan rangkuman informasi dari SIM dan DDS internal. ESS menyajikan grafik dan data dari banyak sumber melalui batasan yang mudah digunakan oleh manajer senior.
d. Jelaskan hubungan antara sistem transaksi, sistem informasi manajemen, DSS dan ESS
§    Pelbagai teknologi ini dapat dipandang sebagai klas yang unik dari teknologi informasi.
§    Mereka saling berhubungan, dan mereka saling mendukung satu sama lain dalam pelbagai
§    manajemen pengambilan keputusan.
§    Evolusi dan pembuatan tool-tool yang lebih baru membantu kinerja pengembangan teknologi
§    informasi untuk kebaikan manajemen dalam organisasi.
§    Keterkaitan dan koordinasi diantara tool-tool ini masih berevolusi.

4. Bagaimana aplikasi perusahaan, sistem kolaborasi dan komunikasi dan intranet mampu meningkatkan kinerja perusahaan ?
a. Jelaskan bagaimana aplikasi perusahaan mampu meningkatkan kinerja perusahaan
Sebuah organisasi beroperasi dalam lingkungan yang kompetitif dan global yang terus meningkat . itu organisasi yang sukses berfokus pada pelaksanaan yang efisien dari proses, layanan pelanggan, dan kecepatan ke pasar. Aplikasi perusahaan menyediakan sebuah organisasi dengan pandangan konsolidasi yang operasi di seluruh fungsi yang berbeda, tingkat, dan unit bisnis. Aplikasi perusahaan memungkinkan organisasi untuk secara efisien bertukar informasi antar area fungsional, unit usahanya, pemasok, dan pelanggan .
Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (TI) merupakan komponen yang penting bagi keberhasilan suatu usaha. Penggunakan teknologi informasi  mampu memperkuat daya saing perusahaan dengan cara meningkatkan efisiensi dan efektivitas  pada proses bisnis, manajemen pengambilan keputusan dan kolaborasi kelompok kerja.
1.      Minimize Risk
Setiap bisnis memiliki resiko, terutama berkaitan dengan faktor-faktor keuangan. Pada umumnya resiko berasal dari ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lain yang berada diuar kontrol perusahaan. Saat ini berbagai jenis aplikasi telah tersedia untuk mengurangi resiko-resiko yang kerap diahadapi oleh bisnis, seperti forecasting, financial advisory, planning expert, dan lain-lain. Selain itu, kehadiran teknologi informasi merupakan sarana bagi manajemen dalam mengelola resiko yang dihadapi.
2.      Reduce Cost
Peran teknologi informasi sebagai katalisator dalam berbagai usaha pengurangan biaya operasional perusahaan akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Terdapat empat cara untuk mengurangi biaya operasional melalui penerapan sistem informasi, yakni eliminasi proses yang dirasa tidak perlu, simplifikasi proses, integrasi proses sehingga lebih cepat dan praktis, serta otomatisasi proses.
3.      Added Value
Teknologi informasi dapat menciptakan value bagi pelanggan perusahaan. Penciptaan value ini tidak sekedar untuk memuaskan pelanggan, tetapi juga untuk menciptakan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
4.      Create New Realities
Pesatnya teknologi internet menghasilkan suatu arena bersaing baru bagi perusahaan di dunia maya. Hal ini ditunjukkan dengan maraknya penggunaan e-commerce, e-loyalty, e-customer, dan lain-lain dalam menanggapi mekanisme bisnis di era globalisasi informasi.

b. Jelaskan sistem informasi perusahaan dan bagaimana mereka mampu mengubah cara kerja organisasi
Sistem informasi yang digunakan dalam perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada proses bisnis. Sistem nformasi mampu mengubah cara kerja karyawan, staff  hingga manager. Dengan IT karyawan security tidak perlu keliling setiap menit ke ruang-ruang untuk memastikan keadaan dalam kondisi baik. Dengan adanya kamera cctv security dapat memantau setiap detik ruangan yang diinginkan.

c. Jelaskan sistem manajemen rantai pasokan (supply chain management) dan apa keuntungannya dalam bisnis
Supply Chain Management System membantu bisnis mengelola hubungan dengan pemasok mereka . Tujuan dari SCM : Dapatkan jumlah yang tepat dari produk dari sumber perusahaan ke titik konsumsi mereka dengan paling sedikit waktu dan dengan biaya terendah. SCM menyediakan informasi untuk membantu pemasok, pembelian perusahaan, distributor, dan perusahaan logistik berbagi informasi tentang pesanan, produksi, tingkat persediaan, dan pengiriman produk dan layanan sehingga mereka dapat sumber, memproduksi, dan memberikan barang dan jasa secara efisien. SCM membantu organisasi mencapai efisiensi besar dengan mengotomatisasi bagian dari proses ini atau dengan membantu organisasi memikirkan kembali dan merampingkan proses ini. SCM penting untuk bisnis karena melalui efisiensi dapat mengkoordinasikan, jadwal, dan mengontrol pengiriman produk dan layanan kepada pelanggan.
Keuntungan bisnis meliputi:
• Tentukan kapan dan apa yang akan diproduksi , menyimpan , dan memindahkan
• Cepat berkomunikasi pesanan
• Melacak status pesanan
• Periksa ketersediaan persediaan dan memonitor tingkat persediaan
• Mengurangi persediaan , transportasi , dan biaya pergudangan
• pengiriman Lacak
• Produksi Rencana berdasarkan permintaan pelanggan yang sebenarnya
• Cepat mengkomunikasikan perubahan dalam desain produk

  1. Jelaskan sistem CRM (customer relationship management) dan apa keuntungannya dalam bisnis
Keuntungan bisnis meliputi:
• Sistem CRM menyediakan informasi untuk mengkoordinasikan semua proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dalam penjualan , pemasaran , dan layanan untuk mengoptimalkan pendapatan , kepuasan pelanggan , dan retensi pelanggan . Informasi ini membantu perusahaan mengidentifikasi , menarik , dan mempertahankan sebagian besar
pelanggan yang menguntungkan , menyediakan layanan yang lebih baik kepada pelanggan yang sudah ada , dan meningkatkan penjualan .
• Sistem CRM mengkonsolidasikan data pelanggan dari berbagai sumber dan menyediakan alat-alat analisis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti : Apa nilai pelanggan tertentu kepada perusahaan atas nya / hidupnya ?
• alat CRM mengintegrasikan proses - pelanggan terkait bisnis dan mengkonsolidasikan pelanggan informasi dari berbagai saluran komunikasi , memberikan pelanggan pandangan konsolidasi perusahaan.
• pengetahuan rinci dan akurat dari pelanggan dan preferensi mereka membantu perusahaan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran mereka dan menyediakan layanan pelanggan berkualitas tinggi dan dukungan .
  1. Sebutkan dan jelaskan berbagai jenis sistem kolaborasi dan komunikasi
Sistem informasi perusahaan-lebar umum bahwa bisnis dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan interaksi meliputi:
• lingkungan kolaborasi berbasis internet seperti Lotus Notes, Groove, dan WebEx menyediakan ruang penyimpanan online untuk dokumen, komunikasi tim ( dipisahkan dari email ), kalender, dan alat-alat audio visual anggota dapat menggunakan untuk bertemu face-to - face.
• Email dan Instant Messaging ( IM ) adalah metode yang dapat diandalkan untuk berkomunikasi kapanpun dan dimanapun di seluruh dunia.
• Ponsel dan perangkat genggam nirkabel memberikan para profesional dan karyawan lain cara mudah untuk berbicara dengan satu sama lain, dengan pelanggan dan vendor, dan dengan manajer. Perangkat ini berkembang pesat dalam angka yang jelas dan dalam aplikasi yang tersedia.
• Jaringan sosial tidak lagi hanya " sosial. " Bisnis yang menyadari nilai memberikan
cara mudah bagi pekerja interaksi untuk berbagi ide dan berkolaborasi satu sama lain .
• Wiki adalah alat yang ideal untuk menyimpan dan berbagi pengetahuan dan wawasan perusahaan . mereka adalah sering lebih mudah untuk digunakan dan lebih murah daripada sistem manajemen pengetahuan proprietary . Mereka juga menyediakan gudang penyimpanan yang lebih dinamis dan arus pengetahuan dibandingkan sistem lain .
• Pertemuan Virtual dunia rumah online, sesi pelatihan , dan " lounge " di mana dunia nyata
orang bertemu , berinteraksi , dan bertukar pikiran .
• situs Google Apps / Google memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat situs Web kelompok - diedit online yang termasuk kalender , teks , spreadsheet , dan video untuk pribadi , kelompok , atau melihat publik dan editing .
• software Microsoft SharePoint memungkinkan karyawan untuk berbagi Office mereka
dokumen dan berkolaborasi dalam proyek menggunakan dokumen Office sebagai dasar.
  1.  Jelaskan bagaimana intranet dan extranet dapat membantu perusahaan dalam memadukan informasi dan proses bisnis
Karena intranet dan extranet berbagi teknologi dan software yang sama platform sebagai
Internet , mereka adalah cara mudah dan murah bagi perusahaan untuk meningkatkan integrasi dan mempercepat arus informasi dalam perusahaan ( intranet saja ) dan dengan pelanggan dan pemasok ( extranet ) . Mereka menyediakan cara untuk mendistribusikan informasi dan menyimpan kebijakan perusahaan , program , dan data. Kedua jenis jaring dapat disesuaikan oleh pengguna dan menyediakan satu titik akses ke informasi dari beberapa sistem yang berbeda . Bisnis dapat menghubungkan jaring untuk transaksi sistem pengolahan dengan mudah dan cepat . Antarmuka antara jaring dan TPS , MIS , DSS , dan ESS sistem menyediakan input dan output bagi pengguna .
5. Apa perbedaan antara e-business, e-commerce, dan e-government.
a. Apa perbedaan e-business dengan e-commerce
# E-BUSINESS
   Penggunaan teknologi Internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses-proses bisnis, perdagangan elektronis (electronic commerce atau e-commerce), dan komunikasi serta kolaborasi antar sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra kerja bisnis elektronis lainnya.

# E-COMMERCE
   Aplikasi perdagangan elektronis digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi melalui Internet.

b. Jelaskan yang dimaksud e-government
# E-GOVERMENT

 penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis

Comments

Popular posts from this blog

Soal UAS dan jawaban Sistem Pendukung Keputusan

Soal dan jawaban matakuliah sistem pendukung keputusan Untuk soal nomor 1-7 terdpat pada postingan ini 8. Intelligence, Design, Choice dan Implementation adalah tahapan di dalam sistem pendukung keputusan, Jelaskan apa saja yang dilakukan pada tahapan tersebut? Tahapan pembutan keputusan Pengambilan keputusan meliputi beberapa tahap dan melalui beberapa proses (Lucas, 1992). Menurut Simon (1960), pengambilan keputusan meliputi empat tahap yang saling berhubungan dan berurutan. Empat proses tersebut adalah: (1) Intelligence Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasikan masalah. (2) Design Tahap ini merupakan proses menemukan dan mengembangkan alternatif. Tahap ini meliputi proses untuk mengerti masalah, menurunkan solusi dan menguji kelayakan solusi. (3) Choice Pada tahap ini dilakukan poses pemilihan di antara berbagai alternatif

Soal dan Jawaban Ujian Sistem Pendukung Keputusan

Halo sobat, kali ini saya akan membagikan contoh kisi-kisi dan jawaban Ujian Tengah Semester matakuliah Sistem Pendukung Keputusan. Filenya berbentuk pdf, silahkan bisa didownload  disini  . Ini contoh soal-soal yang berkaitan dengan SPK Ada perbedaan Sistem Informasi Manajemen(SIM) dan Sistem Pendukung Keputusan(SPK) dan p erbedaan khusus apa antara SIM dengan SPK? Kemampuan dan pengetahuan yang seharusnya dimiliki oleh seorang manajer ialah Komputer Literasi dan Literasi Informasi, jelaskan tentang keduanya? B erikan alasan mengapa perusahaan menggunakan sistem pendukung keputusan dalam pengambilan keputusan ? Mengapa manajemen sering dikaitkan dgn pengambilan keptsan?  Jelaskan pula tren  yg mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial?  Jelaskan dan berikan contohnya apa yang dimaksud keputusan terstruktur, semiterstruktur, dan tidak terstruktur! Di dalam file pdf di atas masih banyak soal-soal beserta jawabannya tentang sistem pendukung keputusan. Semoga bermanfa