Skip to main content

Analisa penggunaan SCM pada perusahan Aqua



Siapapun pasti mengenal minuman mineral kemasan merk Aqua, dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mengetahuinya. Ketika orang ingin beli air minum merek lainpun kadang menyebutnya dengan Aqua. Dibawah ini saya akan menjelasakan secara ringkas mengenai system manajemen yang digunakan Aqua dalam mengelola perusahaanya.
PT. AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum kemasan pertama di Indonesia. Bapak Tirto mendirikan Pabrik pertamanya di Bekasi. Tirto sempat kurang yakin dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar kurang familiar di telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, nama perusahaan ini adalah Puritas atau nama lain dari Pure Artesian Water, yang berlogo daun semanggi. Setelah beroperasi dari tahun 1973, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.

A. Proses produksi atau aktivitas dalam perusahaan
        Tahapan pertama dimulai dari penyediaan bahan baku utama yaitu air mineral, kemudain tahap selanjutnya yaitu pengemasan. Setelah pengemasan masuk ke tahap Quality Control sebagai tahap akhir dari produksi, apabila kemasan ini sudah layak dan aman untuk dipasarkan maka akan disalurkan ke distributor. Dalam pembuatanya ibi sudah menggunakan konsep komputerisasi atau sudah menggunakan software.

B. Identifikasi Supplier
         PT. Tirta Investama (AQUA) dalam mengolah air yang belum siap dikonsumsi menjadi air mineral kemasan yang siap diminum, mengambil air dari berbagai daerah yang memiliki sumber air yang baik, yaitu:
1.Brastagi
2. Lampung (Jabung & Umbul Cancou)
3. Mekarsari (Kubang)
4. Subang (Cipondoh)
5. Wonosobo (Mangli)
6.Klaten (Sigedang)
7.Pandaan
8. Kebun Candi
9. Mambal
10. Manado
Daftar di atas merupakan sumber-sumber air yang memasok air ke pabrik-pabrik air minum AQUA yang tersebar di seluruh indonesia.
B. Gambaran Rantai pasok PT. AQUA




C. Strategi yang digunakan oleh PT. AQUA untuk mengoptimalkan semua mitra
Dengan menggunakan software mySAP Supply Chain Management, perusahaan dapat bekerja sama dengan banyak mitra yang telah menjalin kerjasama melalui satu jaringan, rencana, pelaksanaan, mengkoordinasi, dan mengukur hasil. Hal-hal yang dapat terbantu meliputi: Control Cost, Manage Asset , Generate Revenue (meningkatkan/memaksimalkan pendapatan) dan Reduce uncertainty and risk.

D.  Pengelolaan rantai pasok
Pengelolaan rantai pasok pada perusahaan ini membuat proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien. PT. AQUA mengadopsi sistem SCM yang diterapkan pada software mySAP, dimana perangkat ini memiliki beberapa fungsi diantaranya :
1. Demand Management atau Forecasting : perangkat yang menggunakan teknik peramalan secara statistik
2. Advanced Planning and Scheduling  : perangkat yang digunakan untuk membuat tata tertib perencanaan jangka menengah dan panjangnya, serta bagaimana membuat keputusan.
3. Transportation Management: fungsi yg berhubungan dengan pendistribusian produk
4. Distribution and Deployment: menyeimbangkan dan mengoptimalkan jaringan distribusi
5. Production Planning: merencanakan jadwal produksi dan penjualan
6. Available to Promise: tanggapan cepat dengan mempertimbangkan produksi dan kapasitasnya

E. Cara menjalin hubungan dengan customer
1) Strategi menarik konsumen
Banyak cara dilakukan oleh perusahaan ini untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah satunya dengan cara memberi selogan yang bermutu dari semua produk, membuat iklan yang menarik, promosi di seluruh nusantara.
2) Strategi mempertahankan pelanggan
Pelanggan merupakan yang paling penting untuk perusahaan. Tanpa pelanggan, perusahaan tidak akan menjadi berkembang. Untuk menjaga kepuasan pelanggan Aqua memberikan pelayanan dan kualitas yang lebih dari pesainnya dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk Aqua .

Sistem SCM yang di terapkan di perusahaan ini menggunakan modul yang teintegrasi dari SAP, yaitu aplikasi MySAP, dimana modul yang digunakan adalah modul industrial dan juga modul finansial. Sedangkan SCM sudah terintegrasi kedalam modul industrialnya. Adapun fitur-fitur SCM yang di tawarkan dari MySAP SCM antara lain: 
1. Supply chain collaboration
2. Collaborative design
3. Collaborative fulfillment
4. Collaborative demand and supply management
5. Collaborative procurement
6. Production planning
7. Supply chain event management
8. Supply chain exchanges
9. Supply chain performance management

SCM akan segera menjadi keharusan bagi setiap perusahaan yang ingin bertahan, bukan bagi perusahaan yang ingin memimpin kompetisi di pasaran. Oleh karena itu hendaknya setiap perusahaan khususnya perusahaan manufaktur seperti PT. AQUA Tirta Investama hendaknya mengadoptasi aplikasi-aplikasi SCM dengan baik sehingga mampu



Comments

  1. Analisa Penggunaan Scm Pada Perusahan Aqua >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Analisa Penggunaan Scm Pada Perusahan Aqua >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Analisa Penggunaan Scm Pada Perusahan Aqua >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK mb

    ReplyDelete
  2. Bagus banget kak, semangat terus ya Kak.
    Mungkin ini bisa jadi referensi lainnya untuk kaka dari aplikasi scm

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Soal UAS dan jawaban Sistem Pendukung Keputusan

Soal dan jawaban matakuliah sistem pendukung keputusan Untuk soal nomor 1-7 terdpat pada postingan ini 8. Intelligence, Design, Choice dan Implementation adalah tahapan di dalam sistem pendukung keputusan, Jelaskan apa saja yang dilakukan pada tahapan tersebut? Tahapan pembutan keputusan Pengambilan keputusan meliputi beberapa tahap dan melalui beberapa proses (Lucas, 1992). Menurut Simon (1960), pengambilan keputusan meliputi empat tahap yang saling berhubungan dan berurutan. Empat proses tersebut adalah: (1) Intelligence Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasikan masalah. (2) Design Tahap ini merupakan proses menemukan dan mengembangkan alternatif. Tahap ini meliputi proses untuk mengerti masalah, menurunkan solusi dan menguji kelayakan solusi. (3) Choice Pada tahap ini dilakukan poses pemilihan di antara berbagai alternatif

Soal dan Jawaban Ujian Sistem Pendukung Keputusan

Halo sobat, kali ini saya akan membagikan contoh kisi-kisi dan jawaban Ujian Tengah Semester matakuliah Sistem Pendukung Keputusan. Filenya berbentuk pdf, silahkan bisa didownload  disini  . Ini contoh soal-soal yang berkaitan dengan SPK Ada perbedaan Sistem Informasi Manajemen(SIM) dan Sistem Pendukung Keputusan(SPK) dan p erbedaan khusus apa antara SIM dengan SPK? Kemampuan dan pengetahuan yang seharusnya dimiliki oleh seorang manajer ialah Komputer Literasi dan Literasi Informasi, jelaskan tentang keduanya? B erikan alasan mengapa perusahaan menggunakan sistem pendukung keputusan dalam pengambilan keputusan ? Mengapa manajemen sering dikaitkan dgn pengambilan keptsan?  Jelaskan pula tren  yg mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial?  Jelaskan dan berikan contohnya apa yang dimaksud keputusan terstruktur, semiterstruktur, dan tidak terstruktur! Di dalam file pdf di atas masih banyak soal-soal beserta jawabannya tentang sistem pendukung keputusan. Semoga bermanfa