1. Jelaskan mengapa
membuat kuesioner yang baik sulit!
Jawab
:
Membuat kuesioner yang baik itu sulit, karena kuisioner
adalah sebuah set pertanyaan yang secara logis berhubungan dengan masalah
penelitian yang biasanya terletak di fase pendahuluan sebuah penelitian dan
tiap pertanyaan merupakan jawaban-jawaban yang mempunyai makna dalam menguji
hipotesis. Isi Kuisioner harus memiliki center perhatian, yaitu masalah yang
ingin dipecahkan. Tiap pertanyaan harus merupakan bagian dari hipotesis yang
ingin diuji. Dalam memperoleh keterangan yang berkisar pada masalah yang ingin
dipecahkan itu, maka secara umum isi dari kuisioner dapat berupa :
a)
pertanyaan tentang fakta
b)
pertanyaan tentang pendapat,
c)
pertanyaan tentang persepsi diri.
Dalam
mengungkapkan pertanyaan, beberapa petunjuk penting berkenaan dengan hal diatas
perlu diketahui, antara lain :
a)
jangan pergunakan perkataan yang sulit,
b)
jangan gunakan pertanyaan yang bersifat terlalu umum,
c)
hindarkan pertanyaan yang mendua arti (ambigus),
d)
jangan gunakan kata yang samar-samar,
e)
hindarkan pertanyaan yang mengandung sugesti,
f)
hindarkan pertanyaan yang berdasarkan presumasi,
g)
jangan membuat pertanyaan yang melakukan responden,
i)
hindarkan pertanyaan yang menghendaki ingatan,
j)
gunakan bahasa yang mudah (perkataan dan kalimat harus sederhana)
k)
gunakan istilah yang familiar bagi responden,
l)
pertanyaan disusun secara sistematis (sederhana hingga kompleks)
Jenis
pertanyaan yang dibuat dalam kuisioner dapat memperoleh jawaban yang berjenis-jenis,
atau menjurus kepada beberapa alternatif jawaban yang sudah diberikan lebih
dahulu. Dalam hubungannya dengan leluasa tidaknya responden memberikan jawaban
terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, pertanyaan dapat dibagi dalam 2
jenis, yaitu pertanyaan berstruktur (tertutup) dan pertanyaan terbuka.
-
Pertanyaan Tertutup adalah pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa sehingga responden
dibatasi dalam memberi jawaban kepada beberapa alternatif saja. Jawaban alternatif
yang disarankan berjumlah ganjil. Biasanya berjumlah 3, 5 dan 7.
-
Pertanyaan Terbuka adalah pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa dan jawaban
serta cara pengungkapannya dapat bermacam-macam sehingga responden memiliki
kebebasan dalam menjawab pertanyaan ini. Bentuk pertanyaan ini jarang digunakan.
2. Jelaskan manfaat
penyebaran kuesioner!
Jawab
:
Arti
dari kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang diperbuat dengan tutorial
memberi seperangkat pertanyaan alias pernyataan tertulis terhadap responden. kuesioner
merupakan instrumen untuk tipe penelitian kuantitatif. kuesioner merupakan penelitian
kualitatif yang kuantitatifkan. kuesioner merupakan penelitian kuantitatif yang
disimpulkan dalam bentuk kualitatif.
3. Apa yang
dimaksud ambigutas dan ketidakpastian dalam pertanyaan?
Jawab
:
Ambigu
/ ambiguitas adalah kata atau kalimat yang mempunyai arti lebih darh satu atau bermakna
ganda. Kalimat ambigu secara struktural atau ketatabahasaan sudah tepat, tetapi
arti kalimat tersebut menimbulkan makna ganda atau lebih dari satu makna. Dalam
bahasa lisan, penafsiran kalimat ambigu ini mungkin tidak akan terjadi karena adanya
pembedaan didalam cara pengucapannya. Namun, dalam bahasa tulis ( dituliskan )
penafsiran ganda ini dapat saja terjadi jika penanda-penanda ejakan tidak lengkap.
4. Apa yang harus
dilakukan untuk merumuskan kata pertanyaan?
Jawab
:
- Tersedia data atau informasi untuk menjawabnya,
- Data atau informasi tersebut diperoleh melalui metode ilmiah, seperti wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi, partisipasi, dan evaluasi/tes,
- Memenuhi persyaratan orisinalitas, diketahui melalui pemetaan penelitian terdahulu (state of the arts),
- Memberikan sumbangan teoretik yang berarti bagi pengembangan ilmu pengetahuan,
- Menyangkut isu kontroversial dan unik yang sedang hangat terjadi,
- Masalah tersebut memerlukan jawaban serta pemecahan segera, tetapi jawabannya belum diketahui masyarakat luas, dan
- Masalah itu diajukan dalam batas minat (bidang studi) dan kemampuan peneliti.
5 Apa yang
dilakukan agar penampilan & tata letak kuesioner tampak baik?
Jawab
:
- Penampilan kuisioner yang tertata rapi, dengan struktur pertanyaan yg baik akan membuat responden mudah untuk menjawab. Struktur jawaban sebaiknya dikelompokkan berdasarkan isi pertanyaan dan diurutkan dari yang termudah dijawab hingga tersulit untuk dijawab, misalnya kelompok pertanyaan demografi/identitas responden, perilaku, pendapat
- Apabila kuisioner mempunyai banyak halaman bentuk buku dapat menjadi suatu pilihan
- Dalam setiap pertanyaan yang bersifat negatif, digunakan garis bawah. Contonya: “The Body Shop tidak dapat memberikan rekomendasi produk yang baik untuk kebutuhan perawatan tubuh saya”. Penggunaan tanda garis bawah bertujuan untuk memberikan petunjuk pada peneliti bahwa pertanyaan tersebut memiliki sifat negatif.
- Pertanyaan-pertanyaan disusun menurut urutan yang logis dan sesuai dengan topik penelitian
- Format kuesioner harus dibuat ringkas dan jelas untuk memudahkan responden dalam membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kuesioner tersebut.
- Pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner harus diusahakan untuk dimasukkan dalam satu lembar saja, hal ini untuk menghindari asumsi responden bahwa pertanyaan yang diberikan banyak
- Pisahkan kuisioner dalam beberapa bagian
- Pertanyaan dalam setiap bagian harus diberi nomor
- Kuisioner harus diberi kode terlebih dahulu
- Kuisioner harus diberi nomer secara serial
6. Jelaskan cara
efektif untuk mendistribusikan kuesioner bisa cepat kembali?
Jawab
:
- Memberikan reward pada responden. Kebanyakan orang senang dengan barang pemberian yang gratis, hal ini akan membuat responden semangat untuk mengisi pertanyaan.
- Tidak hanya melakukan kuisioner dengan cara manual tapi juga menggunakan cara modern seperti email, sosial media, dsb
- Ketika membuat pertanyaaan dahului dengan kata-kata bahwa perilaku yang ditanyakan adalah hal umum. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan rasa nyaman responden untuk mengisi pertanyaan kuisioner selanjutnya.
- jangan terlalau banyak pertanyaan. Kebanyak responden malas untuk mengisi kuisioner karena terlalu banyak pertanyaan yang diajukan.
- melakukan kuisioner pada responden yang memiliki waktu luang, sehingga responden tidak merasa tertekan.
Soal Dan Jawaban Uas Meodelogi Penelitan (Metopel) >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Soal Dan Jawaban Uas Meodelogi Penelitan (Metopel) >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Soal Dan Jawaban Uas Meodelogi Penelitan (Metopel) >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK 2G