Skip to main content

Soal dan Jawaban UAS Meodelogi Penelitan (Metopel)


1. Jelaskan mengapa membuat kuesioner yang baik sulit!
Jawab :
Membuat kuesioner yang baik itu sulit, karena kuisioner adalah sebuah set pertanyaan yang secara logis berhubungan dengan masalah penelitian yang biasanya terletak di fase pendahuluan sebuah penelitian dan tiap pertanyaan merupakan jawaban-jawaban yang mempunyai makna dalam menguji hipotesis. Isi Kuisioner harus memiliki center perhatian, yaitu masalah yang ingin dipecahkan. Tiap pertanyaan harus merupakan bagian dari hipotesis yang ingin diuji. Dalam memperoleh keterangan yang berkisar pada masalah yang ingin dipecahkan itu, maka secara umum isi dari kuisioner dapat berupa :
a) pertanyaan tentang fakta
b) pertanyaan tentang pendapat,
c) pertanyaan tentang persepsi diri.
Dalam mengungkapkan pertanyaan, beberapa petunjuk penting berkenaan dengan hal diatas perlu diketahui, antara lain :
a) jangan pergunakan perkataan yang sulit,
b) jangan gunakan pertanyaan yang bersifat terlalu umum,
c) hindarkan pertanyaan yang mendua arti (ambigus),
d) jangan gunakan kata yang samar-samar,
e) hindarkan pertanyaan yang mengandung sugesti,
f) hindarkan pertanyaan yang berdasarkan presumasi,
g) jangan membuat pertanyaan yang melakukan responden,
i) hindarkan pertanyaan yang menghendaki ingatan,
j) gunakan bahasa yang mudah (perkataan dan kalimat harus sederhana)
k) gunakan istilah yang familiar bagi responden,
l) pertanyaan disusun secara sistematis (sederhana hingga kompleks)
Jenis pertanyaan yang dibuat dalam kuisioner dapat memperoleh jawaban yang berjenis-jenis, atau menjurus kepada beberapa alternatif jawaban yang sudah diberikan lebih dahulu. Dalam hubungannya dengan leluasa tidaknya responden memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, pertanyaan dapat dibagi dalam 2 jenis, yaitu pertanyaan berstruktur (tertutup) dan pertanyaan terbuka.
- Pertanyaan Tertutup adalah pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa sehingga responden dibatasi dalam memberi jawaban kepada beberapa alternatif saja. Jawaban alternatif yang disarankan berjumlah ganjil. Biasanya berjumlah 3, 5 dan 7.
- Pertanyaan Terbuka adalah pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa dan jawaban serta cara pengungkapannya dapat bermacam-macam sehingga responden memiliki kebebasan dalam menjawab pertanyaan ini. Bentuk pertanyaan ini jarang digunakan.

2. Jelaskan manfaat penyebaran kuesioner!
Jawab :
Arti dari kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang diperbuat dengan tutorial memberi seperangkat pertanyaan alias pernyataan tertulis terhadap responden. kuesioner merupakan instrumen untuk tipe penelitian kuantitatif. kuesioner merupakan penelitian kualitatif yang kuantitatifkan. kuesioner merupakan penelitian kuantitatif yang disimpulkan dalam bentuk kualitatif.

3. Apa yang dimaksud ambigutas dan ketidakpastian dalam pertanyaan?
Jawab :
Ambigu / ambiguitas adalah kata atau kalimat yang mempunyai arti lebih darh satu atau bermakna ganda. Kalimat ambigu secara struktural atau ketatabahasaan sudah tepat, tetapi arti kalimat tersebut menimbulkan makna ganda atau lebih dari satu makna. Dalam bahasa lisan, penafsiran kalimat ambigu ini mungkin tidak akan terjadi karena adanya pembedaan didalam cara pengucapannya. Namun, dalam bahasa tulis ( dituliskan ) penafsiran ganda ini dapat saja terjadi jika penanda-penanda ejakan tidak lengkap.

4. Apa yang harus dilakukan untuk merumuskan kata pertanyaan?
Jawab :
  • Tersedia data atau informasi untuk menjawabnya,
  • Data atau informasi tersebut diperoleh melalui metode ilmiah, seperti wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi, partisipasi, dan evaluasi/tes,
  • Memenuhi persyaratan orisinalitas, diketahui melalui pemetaan penelitian terdahulu (state of the arts),
  • Memberikan sumbangan teoretik yang berarti bagi pengembangan ilmu pengetahuan,
  • Menyangkut isu kontroversial dan unik yang sedang hangat terjadi,
  • Masalah tersebut memerlukan jawaban serta pemecahan segera, tetapi jawabannya belum diketahui masyarakat luas, dan
  • Masalah itu diajukan dalam batas minat (bidang studi) dan kemampuan peneliti.


5 Apa yang dilakukan agar penampilan & tata letak kuesioner tampak baik?
Jawab :
  • Penampilan kuisioner yang tertata rapi, dengan struktur pertanyaan yg baik akan membuat responden mudah untuk menjawab. Struktur jawaban sebaiknya dikelompokkan berdasarkan isi pertanyaan dan diurutkan dari yang termudah dijawab hingga tersulit untuk dijawab, misalnya kelompok pertanyaan demografi/identitas responden, perilaku, pendapat
  • Apabila kuisioner mempunyai banyak halaman bentuk buku dapat menjadi suatu pilihan
  •  Dalam setiap pertanyaan yang bersifat negatif, digunakan garis bawah. Contonya:  “The Body Shop tidak dapat memberikan rekomendasi produk yang baik untuk kebutuhan perawatan tubuh saya”. Penggunaan tanda garis bawah bertujuan untuk memberikan petunjuk pada peneliti bahwa pertanyaan tersebut memiliki sifat negatif.
  • Pertanyaan-pertanyaan disusun menurut urutan yang logis dan sesuai dengan topik penelitian
  • Format kuesioner harus dibuat ringkas dan jelas untuk memudahkan responden dalam membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kuesioner tersebut.
  • Pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner harus diusahakan untuk dimasukkan dalam satu lembar saja, hal ini untuk menghindari asumsi responden bahwa pertanyaan yang diberikan banyak
  • Pisahkan kuisioner dalam beberapa bagian
  • Pertanyaan dalam setiap bagian harus diberi nomor
  • Kuisioner harus diberi kode terlebih dahulu
  • Kuisioner harus diberi nomer secara serial


6. Jelaskan cara efektif untuk mendistribusikan kuesioner bisa cepat kembali?
Jawab :
  • Memberikan reward pada responden. Kebanyakan orang senang dengan barang pemberian yang gratis, hal ini akan membuat responden semangat untuk mengisi pertanyaan.
  • Tidak hanya melakukan kuisioner dengan cara manual tapi juga menggunakan cara modern seperti email, sosial media, dsb
  • Ketika membuat pertanyaaan dahului dengan kata-kata bahwa perilaku yang ditanyakan adalah hal umum. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan rasa nyaman responden untuk mengisi pertanyaan kuisioner selanjutnya.
  • jangan terlalau banyak pertanyaan. Kebanyak responden malas untuk mengisi kuisioner karena terlalu banyak pertanyaan yang diajukan.
  • melakukan kuisioner pada responden yang memiliki waktu luang, sehingga responden tidak merasa tertekan.



Comments

  1. Soal Dan Jawaban Uas Meodelogi Penelitan (Metopel) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Soal Dan Jawaban Uas Meodelogi Penelitan (Metopel) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Soal Dan Jawaban Uas Meodelogi Penelitan (Metopel) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 2G

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Soal UAS dan jawaban Sistem Pendukung Keputusan

Soal dan jawaban matakuliah sistem pendukung keputusan Untuk soal nomor 1-7 terdpat pada postingan ini 8. Intelligence, Design, Choice dan Implementation adalah tahapan di dalam sistem pendukung keputusan, Jelaskan apa saja yang dilakukan pada tahapan tersebut? Tahapan pembutan keputusan Pengambilan keputusan meliputi beberapa tahap dan melalui beberapa proses (Lucas, 1992). Menurut Simon (1960), pengambilan keputusan meliputi empat tahap yang saling berhubungan dan berurutan. Empat proses tersebut adalah: (1) Intelligence Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasikan masalah. (2) Design Tahap ini merupakan proses menemukan dan mengembangkan alternatif. Tahap ini meliputi proses untuk mengerti masalah, menurunkan solusi dan menguji kelayakan solusi. (3) Choice Pada tahap ini dilakukan poses pemilihan di antara berbagai alternatif

Soal dan Jawaban Ujian Sistem Pendukung Keputusan

Halo sobat, kali ini saya akan membagikan contoh kisi-kisi dan jawaban Ujian Tengah Semester matakuliah Sistem Pendukung Keputusan. Filenya berbentuk pdf, silahkan bisa didownload  disini  . Ini contoh soal-soal yang berkaitan dengan SPK Ada perbedaan Sistem Informasi Manajemen(SIM) dan Sistem Pendukung Keputusan(SPK) dan p erbedaan khusus apa antara SIM dengan SPK? Kemampuan dan pengetahuan yang seharusnya dimiliki oleh seorang manajer ialah Komputer Literasi dan Literasi Informasi, jelaskan tentang keduanya? B erikan alasan mengapa perusahaan menggunakan sistem pendukung keputusan dalam pengambilan keputusan ? Mengapa manajemen sering dikaitkan dgn pengambilan keptsan?  Jelaskan pula tren  yg mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial?  Jelaskan dan berikan contohnya apa yang dimaksud keputusan terstruktur, semiterstruktur, dan tidak terstruktur! Di dalam file pdf di atas masih banyak soal-soal beserta jawabannya tentang sistem pendukung keputusan. Semoga bermanfa

Analisa penggunaan SCM pada perusahan Aqua

Siapapun pasti mengenal minuman mineral kemasan merk Aqua, dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mengetahuinya. Ketika orang ingin beli air minum merek lainpun kadang menyebutnya dengan Aqua. Dibawah ini saya akan menjelasakan secara ringkas mengenai system manajemen yang digunakan Aqua dalam mengelola perusahaanya. PT. AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum kemasan pertama di Indonesia. Bapak Tirto mendirikan Pabrik pertamanya di Bekasi. Tirto sempat kurang yakin dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar kurang familiar di telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, nama perusahaan ini adalah Puritas atau nama lain dari Pure Artesian Water, yang berlogo daun semanggi. Setelah beroperasi dari tahun 1973, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan la