Customer Relationship Management (CRM)
Sebuah sistem informasi yang terintegrasi, digunakan untuk
merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas prapenjualan
dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang memiliki kaitan dengan pelanggan. Baik calon
pelanggan maupun pelanggan saat ini, di dalamnya tedapat call center, tenaga penjualan (sales
force), marketing,
dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).
Suatu strategi perusahaan untuk memahami dan mempengaruhi pelanggan secara intern dengan tujuan untuk meningkatkan, mempertahanan dan mendapatkan loyalitas dan keuntungan dari pelnggan.
Suatu strategi perusahaan untuk memahami dan mempengaruhi pelanggan secara intern dengan tujuan untuk meningkatkan, mempertahanan dan mendapatkan loyalitas dan keuntungan dari pelnggan.
Perbedaan customer service, call center dan customer care
Kemajuan teknologi informasi telah membawa dunia menuju era informasi. Dengan adanyan teknologi pula dimungkinkan adanya saling tukar informasi di seluruh dunia dengan tanpa batasan jarak, ruang dan waktu. Kondisi ini mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Salah satu alternatif untuk memenangkan persaingan adalah dengan menggunakan Customer Relationship
Management (CRM) contoh dalam penerapan Call Center (CS) dan
Customer Care yang bertujuan sebagai
alat komunikasi perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan
yang menguntukan untuk perusahaan.
- Call center yaitu Nomor telepon layanan konsumen (namanya juga call).- Pusat interaksi dengan customer
- Customer service yaitu Layanan konsumen, baik yang melalui telepon atau menemui langsung
Customer Care
o
Berdasarkan
database yang dikumpulkan mengenai data customer yang dimiliki sebelumnya, agar mengetahui dukungan yang
critical bagi customer
o
Dalam rangka
untuk mempertahankan customer yang ada dan memperoleh customer baru
Operator Call Center
o
Merespon
panggilan yang unik saja (50% panggilan tentang hal yang sama)
o
Efektifitas
diukur dari kecepatan operator menjawab panggilan telepon customer
n Customer service (also known as Client Service)
adalah penyediaan layanan kepada konsumen sebelum, selama dan setelah pembelian dilakukan.
n According to Turban et al, 2002, “Customer service
adalah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan -artinya bahwa suatu produk atau jasa telah memenuhi harapan pelanggan "
Contact center Get Automated
Integrated telepon computer (CTI) merupakan salah satu solusi permasalahan yang akan mengotomatisasikan
berbagai proses komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan, Di dalamya memiliki Call Routing, Contact Center Sales Support, Web-based Self-Service, Customer Satisfaction Measurement, Call Scripting, CyberAgents dan Workforce Management.
Call Routing
Fokus utamanya yaitu mempersingkat waktu tunggu customer dalam menunggu
respon CSR (customer service representative).
Call Routing dilakukan dengan:
Call Routing dilakukan dengan:
n Membedakan contact kepada customernya,
misal: secara geografis, spesialisasi produk, berbagai permasalah, dsb
n Penyediaan waktu pelayanan dalam 7 hari 24 jam
n Load balancing atau kemampuan jaringan yang secara otomatis dapat
menangani panggilan customer dengan secepat mungkin
n Operator disediakan network routers untuk
memonitor datangnya antrian telepon customer, dan teknologi switch/tombol untuk
mengalokasikan panggilan secara tepat
n Bilingual repons
n Automated speech recognition yaitu memberikan pilihan
pelayanan yang lebih banyak tanpa harus mengikuti petunjuk-petunjuk yang tidak
praktis
Menyediakan berbagai bentuk akses bagi pelanggan merupakan modal yang
bagus, tetapi memahami bentuk-bentuk pelayanan yang diinginkan customer adalah
tetap lebih baik
Contact Center Sales Support
Perusahaan memiliki sales untuk berada di dekat barang yang dijual. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pembeli dalam mengetahui barang yang akan dibeli.
Misalnya ada customer baru saja beli kalung dan sekaligus ingin tahu apakah ada anting yang cocok dengan kalung tersebut? apakah customer itu benar-benar ingin membeli? Atau cuma mau menyelidiki saja?
Perusahaan memiliki sales untuk berada di dekat barang yang dijual. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pembeli dalam mengetahui barang yang akan dibeli.
Misalnya ada customer baru saja beli kalung dan sekaligus ingin tahu apakah ada anting yang cocok dengan kalung tersebut? apakah customer itu benar-benar ingin membeli? Atau cuma mau menyelidiki saja?
Untuk contact, sales di support dengan
n Screen pop yang dapat membedakan customer mana
yang merupakan kandidat terbaik bagi layanan jasa dan penjualan produk
n Data customer sehingga dapat dikombinasikan
dengan kecerdikan CSR
Informasi produk yang segera dapat digunakan, dan bahkan dapat mendorong
aktivitas progres penjualan, contoh:
ü “Ini sepasang sepatu yang sangat bagus, Apakah
Anda juga menginginkan ikat pinggang yang sesuai ?”
ü “Maaf, Anda sedang punya masalah dalam mengirim
e-mail, Mr. Smith. Dengan hanya membayar $49,95 per bulan, kami akan memberikan
kepada Anda DSL dan itu membuat permasalahan Anda menjadi clear. Kebetulan
bulan ini pemasangannya gratis. Bagaimana… apakah Anda tertarik ?”
ü “Klik di sini untuk melihat lebih jauh tentang
‘today’s saving-of-the-day’”
ü “Jika Anda menginginkan ada seseorang yang
menghubungi Anda tentang perubahan rencana berpergian Anda menjadi rencana
liburan keluarga, tekan tulisan ‘informasi’ pada kotak yang tersedia, dan
sesorang akan mengkontak anda secepatnya”
Optimalkan pengalaman customer dengan call center sales support,
perusahaan harus mendapatkan informasi yang tepat tetang customer dan CRS harus
ditraining dengan baik dalam melakukan dialog cross-selling agar dia dapat
mempraktekannya dengan benar
Web-based Self-Service
Web self-service adalah bentuk support untuk pelanggan
yang dilakukan secara elektronik melalui Internet tanpa bantuan perwakilan
pendukung pelanggan. Hal ini memungkinkan pengguna melakukan tugas rutin
seperti mencari informasi yang sesuai atau mengelola informasi akun. Hal ini
dilakukan melalui portal Web atau situs web yang mudah digunakan yang isinya petunjuk navigasi yang jelas dan informasi untuk membantu
pelanggan menavigasi melalui layanan dengan mudah. Otomatisasi proses customer support tidak saja
meningkatkan efisiensi pada perusahaan, tetapi juga membuat customer lebih
leluasa untuk dapat mengakses informasi yang penting via web. Bisa kapan saja,
dari mana saja dan untuk berbagai macam pertanyaan yang diinginkan
FedEx.com à menyediakan layanan bagi customer yang ingin
mengetahui jejak barang-barang yang mereka kirimkan. Selama 93 detik dari
mereka menelepon, jawaban akan segera dikirimkan. Sedang untuk mengakses
website Fedex membutuhkan 17 detik.
Customer self-service hanya lebih banyak
memberikan informasi yang umum dengan pesanan spesifikasi tertentu. Oleh
karenanya hampir semua website telah membuat FAQs -- Frequntly Aksed Question –
yang sangat penting.
Customer Satisfaction Measurement
Salah satu cara untuk mengetahui Customer Satisfaction Measurement ialah dengan melakukan Survey.
Beberpa hal yang ingin diketahui menyangkut pembelian terakhir di suatu perusahaan.
Inovasi untuk memperoleh informasi tentang kesan customer, dilakukan dengan E-mail
ataupun on-line dengan kuesioner yang rinci sesuai dengan segmen tertentu. Jawaban
dari kuesioner disimpan dalam database sebagai profil customer, hal ini digunakan
untuk berkomunikasi dengan customer yang sesuai dengan preferensinya
Survey didesain, distribusikan dan dianalisis untuk menemukan
n Apa yang membuat customer kembali mengunjungi
website perusahaan?
n Bagaimana customer dapat menemukan website
tersebut?
n Kenapa customer melakukan pembelian/tidak membeli
selama kunjungannya ?
n Mengapa customer melakukan/tidak melakukan
registrasi di website ?
n Sarana-sarana website apa saja yang bermanfaat
bagi customer ?
n Bagaimana kesan-kesan customer tentang perusahaan
?
n Bagaimana nilai perbandingan yang diberikan
customer terhadap website perusahaan dan website milik kompetitor?
Seorang pedagang pasar
selalu memperhatikan kepuasan pelanggan. Kontak langsung dengan pelanggan
menunjukkan apa yang dia lakukan dengan sudah sesuai atau jika tidak sesuai
dimana letaknya. Umpan balik informal semacam itu sangat berharga di perusahaan
mana pun, tetapi sulit untuk memformalkan dan mengendalikan sesuatu yang jauh
lebih besar daripada toko sudut. Untuk alasan ini, survei pelanggan diperlukan
untuk mengukur dan melacak kepuasan pelanggan.
Call Scripting
Call Scripting menjamin konsistensi di seluruh call center dan
memungkinkan agen bertindak lebih alami dan mendengarkan pelanggan karena
mereka tahu mereka tidak perlu khawatir mengingat apa yang harus dikatakan
selanjutnya. Skrip panggilan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem
telephony dan IVR untuk memberi informasi bermanfaat kepada agen tentang
pelanggan dan setiap interaksi sesuai.
Jika database customer semakin banyak, perilaku
dan preferensi customer dapat diprediksikan secara aktual dengan cara
membandingkannya dengan customer yang ada dalam segmen yang sama. Adanya
peningkatan pengetahuan tentang customer menyebabkan penyediaan situational
script untuk CSR merupakan keharusan. Script-script seperti ini akan
meningkatkan tugas agen dalam melakukan tanya jawab dan mengarahkan customer
pada dialog yang didasarkan pada faktor-faktor berikut:
n Alasan untuk contact
n Nilai yang dimiliki customer
n Kesempatan cross-selling dan menggali data
kecenderungan pembelian
n Promosi produk terbaru atau diskon
n Penagihan dan jumlah yang harus dibayar
CyberAgents
n Konsep self-service dengan cyberagent. Yaitu sebuah
web yang direpresentasikan sebagai seorang – komplet dengan suara dan ekpresi
muka – yang sering memperkenalkan dirinya kepada pengunjung web dengan menyebut
nama depannya saja.
n Cyberagent akan memberikan informasi detail agar
customer dapat menjawab FAQ dan mereka juga dapat mengarahkan customer untuk
melakukan pembelian atau checking order
n Visi cyberagent adalah menyediakan informasi atas
dasar kombinasi antara permintaan customer yang heterogen, detail tentang
customer dan logika dasar dalam prosedur yang komplek, agar cyberagent dapat
membuat rekomendasi bagi pengambil keputusan. Lebih jauh lagi kualitas
cyberagent bisa diarahkan untuk menyediakan representasi khusus tentang
perusahaan bagi seseorang customer.
Workforce Management
Sarana spesial dalam
perencanaan dan optimalisasi staff, dan menspesifikasikan beberapa produk ke
tanggung jawab staff contact center.
Mengoptimasi staff dalam
volume telepon tinggi, perbedaan channel komunikasi dan tipe customer adalah
merupakan arti sesungguhnya dalam menjamin customer agar dapat menerima tingkat
layanan yang sesuai.
E. Checklist Kesuksesan Customer Service
ü Memilih
teknologi yang dipergunakan secara hati-hati
ü Menyediakan
layanan CSR beserta seluruh kebutuhannya
ü Menetapkan
proses-proses bagi staff call center
ü Setuju
dengan ukuran sukses
ü Memahami
isu-isu penanganan service
ü Memastikan
bahwa perwakilan contact center telah ditraining dengan baik
ü Menciptakan
staff contact center pada level yang tepat
ü Berbagi
pelajaran
ü Menyempurnakan
kompensasi CSR
ü Terakhir
bukanlah yang terpenting. jika sebuah perusahaan belum berani memutuskan
personalitynya, inilah saatnya.
Crm (Customer Relationship Management) Dan Cs (Customer Service) >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Crm (Customer Relationship Management) Dan Cs (Customer Service) >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Crm (Customer Relationship Management) Dan Cs (Customer Service) >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK P4