Soal dan jawaban UAS matakuliah Sistem Informasi Manajemen
1. Bagaimana system informasi mampu melakukan
perubahan bisnis dan apa hubungannya dengan globalisasi ?
a. Jelaskan bagaimana
system informasi telah mengubah cara mengoperasikan bisnis dengan produk dan
layanannya
dengan
melakukan otomatisasi terhadap sistem yang mengalirkan informasi dari
perusahaan kepada pemasoknya dan sebaliknya. Otomatisasi itu dilakukan dalam
usaha untuk mengoptimalkan perencanaan, persediaan bahan baku, produksi,
pengiriman produk dan jasa. Jika aliran informasi ini berlangsung dengan lancar
dan cepat, maka perusahaan tidak perlu memiliki gudang sendiri untuk menyimpan
bahan baku.
b. Sebutkan 3 trend terbaru
sistem informasi
3 trend terbaru
system informasi
- E-commerce
atau electronic commerce
- E-bisnis
- Enterprise information system
(entis)
c. Jelaskan karakteristik
perusahaan digital
karakteristik system
informasi
1. Manfaat
-Memfasilitasi
pencapaian sasaran organisasi
-Memfasilitasi akses ke informasi
-Memberikan
keuntungan kompetitif
-Menghemat
waktu pengguna
-Meningkatkan
kapasitas komunikasi dan kualitasnya
2. Menyediakan kapabilitas teknis
-Interpretasi tertulis
-Akses ke email
-Memberikan forecasting
-Informasi
dihasilkan keberbegai tingkat detil
d. Jelaskan tantangan dan
peluang globalisasi di dunia yang datar (flattened world)
Tantangan:
Kegagalan sistem informasi
perusahaan mencakup proyek yang ditinggalkan sebelum penerapannya, sehingga
organisasi kembali menggunakan sistem informasi perusahaan terdahulu.
Peluang:
-
Alat-alat
Pengembangan ERP yang Dipercepat
-
Perangkat
Lunak yang Mudah Digunakan
-
Menyatukan
Database dan Sistem Perusahaan
2. Jelaskan secara rinci apa yang disebut system
informasi ? Bagaimana ia bekerja ? Apa kaitannya dengan manajemen, organisasi
dan komponen teknologi
a. Definisi system infromasi dan jelaskan perannya
Pengertian Sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan. Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem. Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya dan untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan.
Peran system informasi:
1. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya low-cost leadership. Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry)dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar. Selain itu, cara lain yang dapat ditempuh adalah mengikat (lock in) konsumen dan pemasok dengan cara membangun hubungan baru yang lebih bernilai dengan mereka.
2. Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
Penggunaan ATM. automated teller machine dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun. Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran (switching costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan penerbangan besar. Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem reservasi terkomputerisasi tersebut, maka mereka akan segan untuk menggunakan sistem reservasi dari penerbangan lain.
3. Membangun Sumber-Sumber Informasi Strategis
Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem informasi, dan melatih end users.
b. Daftar dan jelaskan dimensi organisasi, manejemen dan teknologi dari system informasi
· Dimensi organisasi
Dimensi organisasi melibatkan hirarki organisasi, keahlian fungsional, proses bisnis,budaya, dan politis. Daftar yang termasuk dalam dimensi organisasi adalah : “Manajemen Tingkat Senior, manajemen tingkat menengah, manajemen tingkat operasional.”
· Dimensi manajemen
Dimensi manajemen meliputi kepemimpinan, strategi dan perilaku manajemen.
· Dimensi teknologi
Dimensi teknologi terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak komputer, teknologi manajemen data dan teknologi jaringan / telekomunikasi (termasuk internet)
c. Bedakan antara data dengan informasi, sistem informasi dan komputer
Data :
a. Definisi system infromasi dan jelaskan perannya
Pengertian Sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan. Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem. Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya dan untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan.
Peran system informasi:
1. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya low-cost leadership. Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry)dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar. Selain itu, cara lain yang dapat ditempuh adalah mengikat (lock in) konsumen dan pemasok dengan cara membangun hubungan baru yang lebih bernilai dengan mereka.
2. Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
Penggunaan ATM. automated teller machine dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun. Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran (switching costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan penerbangan besar. Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem reservasi terkomputerisasi tersebut, maka mereka akan segan untuk menggunakan sistem reservasi dari penerbangan lain.
3. Membangun Sumber-Sumber Informasi Strategis
Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem informasi, dan melatih end users.
b. Daftar dan jelaskan dimensi organisasi, manejemen dan teknologi dari system informasi
· Dimensi organisasi
Dimensi organisasi melibatkan hirarki organisasi, keahlian fungsional, proses bisnis,budaya, dan politis. Daftar yang termasuk dalam dimensi organisasi adalah : “Manajemen Tingkat Senior, manajemen tingkat menengah, manajemen tingkat operasional.”
· Dimensi manajemen
Dimensi manajemen meliputi kepemimpinan, strategi dan perilaku manajemen.
· Dimensi teknologi
Dimensi teknologi terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak komputer, teknologi manajemen data dan teknologi jaringan / telekomunikasi (termasuk internet)
c. Bedakan antara data dengan informasi, sistem informasi dan komputer
Data :
- Data diperoleh dari media – media. Contohnya ; majalah, Koran, internet, televisi.
- Data terdiri dari kumpulan – kumpulan informasi.
- Data dapat diperoleh dari penelitian dan perhitungan. Contohnya ; data jumlah beruang di kebun binatang.
Informasi
- Informasi memiliki 2 jenis : Tulisan :contoh majalah,surat kabar,bulletin. Lisan :contoh komunikasi 2 arah.
- Informasi adalah ide pokok pikiran yang bisa di beritakan dan untuk mengambil keputusan.
Internet : adalah jaringan internal corporate
berbasiskan teknologi.
World Wide Web : merupakan jasa yang diberikan
internet yang menggunakan standar yang diterima secara universal untuk
menyimpan, mengambil, mebentuk dan menampilkan informasi dalam halaman
internet.
Cara keduanya mengubah peran yang dijalankan informasi
adalah agar mempercepat arus informasi kepada pelanggan yang mengakses jaringan
tesebut.
3.
Bagaimana sistem bisa melayani berbagai tingkatan manajemen dalam sebuah bisnis
?
a. Jelaskan karakteristik
sistem pengolah transaksi dan aturan mainnya dalam sebuah bisnis
Sistem pengolahan transaksi memiliki beberapa
karakteristik, antara lain sebagai berikut:
* Volume data yang di-proses relatif sangat besar.
* Kapasitas penyimpanan data (database) tentu sangat besar.
* Kecepatan pengolahan di-perlukan sangat tinggi agar data yang banyak bisa diperoses dalam waktu singkat.
* Sumber data umumnya internal dan keluarannya umumnya untuk keperluan internal.
* Pengolahan data biasa dilakukan periodik, harian, mingguan, bulanan, dsb.
* Orientasi data yang dikumpulkan umumnya mengacu pada data masa lalu.
* Masukan dan keluaran terstruktur, data diformat menurut suatu standar.
* Komputasi tidak terlalu rumit.
* Volume data yang di-proses relatif sangat besar.
* Kapasitas penyimpanan data (database) tentu sangat besar.
* Kecepatan pengolahan di-perlukan sangat tinggi agar data yang banyak bisa diperoses dalam waktu singkat.
* Sumber data umumnya internal dan keluarannya umumnya untuk keperluan internal.
* Pengolahan data biasa dilakukan periodik, harian, mingguan, bulanan, dsb.
* Orientasi data yang dikumpulkan umumnya mengacu pada data masa lalu.
* Masukan dan keluaran terstruktur, data diformat menurut suatu standar.
* Komputasi tidak terlalu rumit.
Aturan main dalam berbisnis
·
Pengendalian
Diri
·
Pengembangan
Tanggung Jawab Sosial (Social Responsibility
·
Mempertahankan
Jati Diri
·
Menciptakan Persaingan yang Sehat
·
Menerapkan Konsep “Pembangunan Berkelanjutan”
·
Menghindari Sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong,
Koneksi,Kolusi dan komisi)
·
Mampu Menyatakan yang Benar itu Benar
·
Menumbuhkan Sikap Saling Percaya antar Golongan
Pengusaha
·
Konsekuen dan Konsisten dengan Aturan main Bersama
·
Memelihara Kesepakatan
·
Menuangkan ke dalam Hukum Positif
- Jelaskan karakter dari
manajemen sistem informasi dan jelaskan apa perbedaannya dengan sistem
transaksi dan DSS (sistem penunjang keputusan)
Manajemen menengah membutuhkan
sistem untuk membantu dengan pemantauan, pengendalian, pengambilan keputusan,
dan kegiatan administrasi .
• MIS menyediakan manajer menengah
dengan laporan kinerja organisasi saat ini. ini
Informasi ini digunakan untuk
memantau dan mengendalikan bisnis dan memprediksi kinerja masa depan.
• MIS meringkas dan melaporkan
operasi dasar perusahaan menggunakan data yang disediakan oleh TPS Data transaksi dasar dari TPS yang dikompresi
dan biasanya disajikan dalam laporan bahwa diproduksi pada jadwal teratur.
• MIS melayani manajer terutama
tertarik pada hasil mingguan, bulanan, dan tahunan, meskipun beberapa MIS
memungkinkan para manajer untuk menelusuri untuk melihat harian atau per jam
data jika diperlukan.
• MIS umumnya memberikan jawaban
atas pertanyaan-pertanyaan rutin yang telah ditetapkan di muka dan memiliki
prosedur standar untuk menjawab mereka .
• umumnya sistem MIS tidak
fleksibel dan memiliki kemampuan analisis sedikit.
• Kebanyakan MIS menggunakan
rutinitas sederhana, seperti ringkasan dan perbandingan, sebagai lawan model
matematika canggih atau teknik statistik.
MIS berbeda dari TPS dalam
penawaran MIS dengan diringkas dan dikompresi data dari TPS. Sementara MIS memiliki
orientasi internal DSS akan sering menggunakan data dari sumber eksternal,
serta data dari TPS dan MIS. DSS mendukung " apa - jika " analisis
daripada jangka panjang terstruktur analisis yang melekat dalam sistem MIS .
MIS umumnya tidak fleksibel dan memberikan sedikit analitis kemampuan.
Sebaliknya, DSS dirancang untuk tujuan analitis dan fleksibel
- Jelaskan karakteristik DSS dan
jelaskan perbedaannya dengan ESS (executive support system)
DSS
dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang
bersifat semi terstruktur ataupun tidak terstruktur. Dalam proses pengolahannya, DSS
mengkombinasikan penggunaan model-model/teknik-teknik analisis dengan teknik
pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi. DSS
dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh orang
yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi. DSS
dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi
yang tinggi, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.
Perbedaan DSS dengan ESS
DDS
yang memperkirakan perjalanan ini sangat bergantung kepada model analitis.
Jenis DDS lainnya yang klurang didorong oleh model. Justru berfokus pada
pengambilan informasi yang berguna untuk menunjang pembuatan keputusan dari
jumlah data yang bnayak. DDS sebagai sistem inteligensi bisnis karena system
ini berfokus pada membantu penggunaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
Sistem
pendukung eksekutif (executive support system-ESS) membantu manajemen senior
membuat keputusan ini. ESS menangani keputusan tidak rutin yang membutuhkan
penilaian, evaluasi dan pendekatan karena tidak terdapat prosedur yang
disetujui untuk mencapai solusi. ESS menyediakan perhitungan umum dan kapasitas
komunikasi yang dapat diterapkan pada berbagai perubahan masalah. ESS dirancang untuk menggabungkan
data tentang kejadian eksternal, seperti hukum pajak yang baru atau pesaing,
tetapi system ini juga menggambarkan rangkuman informasi dari SIM dan DDS
internal. ESS menyajikan grafik dan data dari banyak sumber melalui batasan
yang mudah digunakan oleh manajer senior.
d. Jelaskan
hubungan antara sistem transaksi, sistem informasi manajemen, DSS dan ESS
§
Pelbagai teknologi ini dapat
dipandang sebagai klas yang unik dari teknologi informasi.
§
Mereka saling berhubungan, dan
mereka saling mendukung satu sama lain dalam pelbagai
§
manajemen pengambilan keputusan.
§
Evolusi dan pembuatan tool-tool yang
lebih baru membantu kinerja pengembangan teknologi
§
informasi untuk kebaikan manajemen
dalam organisasi.
§
Keterkaitan dan koordinasi diantara
tool-tool ini masih berevolusi.
4.
Bagaimana aplikasi perusahaan, sistem kolaborasi dan komunikasi dan intranet
mampu meningkatkan kinerja perusahaan ?
a. Jelaskan bagaimana
aplikasi perusahaan mampu meningkatkan kinerja perusahaan
Sebuah organisasi beroperasi dalam
lingkungan yang kompetitif dan global yang terus meningkat . itu organisasi
yang sukses berfokus pada pelaksanaan yang efisien dari proses, layanan
pelanggan, dan kecepatan ke pasar. Aplikasi perusahaan menyediakan sebuah
organisasi dengan pandangan konsolidasi yang operasi di seluruh fungsi yang
berbeda, tingkat, dan unit bisnis. Aplikasi perusahaan memungkinkan organisasi
untuk secara efisien bertukar informasi antar area fungsional, unit usahanya,
pemasok, dan pelanggan .
Sistem
Informasi dan Teknologi Informasi (TI) merupakan komponen yang penting bagi
keberhasilan suatu usaha. Penggunakan teknologi informasi mampu memperkuat daya saing perusahaan dengan
cara meningkatkan efisiensi dan efektivitas
pada proses bisnis, manajemen pengambilan keputusan dan kolaborasi
kelompok kerja.
1. Minimize Risk
Setiap bisnis memiliki resiko, terutama berkaitan dengan faktor-faktor
keuangan. Pada umumnya resiko berasal dari ketidakpastian dalam berbagai hal
dan aspek-aspek eksternal lain yang berada diuar kontrol perusahaan. Saat ini
berbagai jenis aplikasi telah tersedia untuk mengurangi resiko-resiko yang
kerap diahadapi oleh bisnis, seperti forecasting, financial advisory, planning
expert, dan lain-lain. Selain itu, kehadiran teknologi informasi merupakan
sarana bagi manajemen dalam mengelola resiko yang dihadapi.
2. Reduce Cost
Peran teknologi informasi sebagai katalisator dalam berbagai usaha
pengurangan biaya operasional perusahaan akan berpengaruh terhadap
profitabilitas perusahaan. Terdapat empat cara untuk mengurangi biaya
operasional melalui penerapan sistem informasi, yakni eliminasi proses yang
dirasa tidak perlu, simplifikasi proses, integrasi proses sehingga lebih cepat
dan praktis, serta otomatisasi proses.
3. Added Value
Teknologi informasi dapat menciptakan value bagi pelanggan perusahaan.
Penciptaan value ini tidak sekedar untuk memuaskan pelanggan, tetapi juga untuk
menciptakan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
4. Create New Realities
Pesatnya teknologi internet menghasilkan suatu arena bersaing baru bagi
perusahaan di dunia maya. Hal ini ditunjukkan dengan maraknya penggunaan
e-commerce, e-loyalty, e-customer, dan lain-lain dalam menanggapi mekanisme
bisnis di era globalisasi informasi.
b. Jelaskan sistem
informasi perusahaan dan bagaimana mereka mampu mengubah cara kerja organisasi
Sistem
informasi yang digunakan dalam perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan
efektifitas pada proses bisnis. Sistem nformasi mampu mengubah cara kerja
karyawan, staff hingga manager. Dengan
IT karyawan security tidak perlu keliling setiap menit ke ruang-ruang untuk
memastikan keadaan dalam kondisi baik. Dengan adanya kamera cctv security dapat
memantau setiap detik ruangan yang diinginkan.
c. Jelaskan sistem
manajemen rantai pasokan (supply chain management) dan apa keuntungannya dalam
bisnis
Supply Chain Management System
membantu bisnis mengelola hubungan dengan pemasok mereka . Tujuan dari SCM :
Dapatkan jumlah yang tepat dari produk dari sumber perusahaan ke titik konsumsi
mereka dengan paling sedikit waktu dan dengan biaya terendah. SCM menyediakan informasi
untuk membantu pemasok, pembelian perusahaan, distributor, dan perusahaan
logistik berbagi informasi tentang pesanan, produksi, tingkat persediaan, dan
pengiriman produk dan layanan sehingga mereka dapat sumber, memproduksi, dan
memberikan barang dan jasa secara efisien. SCM membantu organisasi mencapai
efisiensi besar dengan mengotomatisasi bagian dari proses ini atau dengan
membantu organisasi memikirkan kembali dan merampingkan proses ini. SCM penting
untuk bisnis karena melalui efisiensi dapat mengkoordinasikan, jadwal, dan
mengontrol pengiriman produk dan layanan kepada pelanggan.
Keuntungan bisnis meliputi:
• Tentukan kapan dan apa yang akan
diproduksi , menyimpan , dan memindahkan
• Cepat berkomunikasi pesanan
• Melacak status pesanan
• Periksa ketersediaan persediaan
dan memonitor tingkat persediaan
• Mengurangi persediaan ,
transportasi , dan biaya pergudangan
• pengiriman Lacak
• Produksi Rencana berdasarkan
permintaan pelanggan yang sebenarnya
• Cepat mengkomunikasikan perubahan
dalam desain produk
- Jelaskan sistem CRM (customer
relationship management) dan apa keuntungannya dalam bisnis
Keuntungan
bisnis meliputi:
•
Sistem CRM menyediakan informasi untuk mengkoordinasikan semua proses bisnis
yang berhubungan dengan pelanggan dalam penjualan , pemasaran , dan layanan
untuk mengoptimalkan pendapatan , kepuasan pelanggan , dan retensi pelanggan .
Informasi ini membantu perusahaan mengidentifikasi , menarik , dan
mempertahankan sebagian besar
pelanggan
yang menguntungkan , menyediakan layanan yang lebih baik kepada pelanggan yang
sudah ada , dan meningkatkan penjualan .
•
Sistem CRM mengkonsolidasikan data pelanggan dari berbagai sumber dan
menyediakan alat-alat analisis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti :
Apa nilai pelanggan tertentu kepada perusahaan atas nya / hidupnya ?
•
alat CRM mengintegrasikan proses - pelanggan terkait bisnis dan
mengkonsolidasikan pelanggan informasi dari berbagai saluran komunikasi ,
memberikan pelanggan pandangan konsolidasi perusahaan.
•
pengetahuan rinci dan akurat dari pelanggan dan preferensi mereka membantu
perusahaan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran mereka dan menyediakan
layanan pelanggan berkualitas tinggi dan dukungan .
- Sebutkan dan jelaskan berbagai
jenis sistem kolaborasi dan komunikasi
Sistem informasi
perusahaan-lebar umum bahwa bisnis dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan
interaksi meliputi:
• lingkungan kolaborasi berbasis
internet seperti Lotus Notes, Groove, dan WebEx menyediakan ruang penyimpanan
online untuk dokumen, komunikasi tim ( dipisahkan dari email ), kalender, dan alat-alat audio
visual anggota dapat menggunakan untuk bertemu face-to - face.
• Email dan Instant Messaging ( IM
) adalah metode yang dapat diandalkan untuk berkomunikasi kapanpun dan
dimanapun di seluruh dunia.
• Ponsel dan perangkat genggam
nirkabel memberikan para profesional dan karyawan lain cara mudah untuk
berbicara dengan satu sama lain, dengan pelanggan dan vendor, dan dengan
manajer. Perangkat ini berkembang pesat dalam angka yang jelas dan dalam
aplikasi yang tersedia.
• Jaringan sosial tidak lagi hanya
" sosial. " Bisnis yang menyadari nilai memberikan
cara mudah bagi pekerja interaksi
untuk berbagi ide dan berkolaborasi satu sama lain .
• Wiki adalah alat yang ideal untuk
menyimpan dan berbagi pengetahuan dan wawasan perusahaan . mereka adalah sering
lebih mudah untuk digunakan dan lebih murah daripada sistem manajemen pengetahuan
proprietary . Mereka juga menyediakan gudang penyimpanan yang lebih dinamis dan
arus pengetahuan dibandingkan sistem lain .
• Pertemuan Virtual dunia rumah
online, sesi pelatihan , dan " lounge " di mana dunia nyata
orang bertemu , berinteraksi , dan
bertukar pikiran .
• situs Google Apps / Google
memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat situs Web kelompok - diedit
online yang termasuk kalender , teks , spreadsheet , dan video untuk pribadi ,
kelompok , atau melihat publik dan editing .
• software Microsoft SharePoint
memungkinkan karyawan untuk berbagi Office mereka
dokumen dan berkolaborasi dalam
proyek menggunakan dokumen Office sebagai dasar.
- Jelaskan bagaimana intranet dan extranet
dapat membantu perusahaan dalam memadukan informasi dan proses bisnis
Karena intranet dan extranet
berbagi teknologi dan software yang sama platform sebagai
Internet , mereka adalah cara mudah
dan murah bagi perusahaan untuk meningkatkan integrasi dan mempercepat arus
informasi dalam perusahaan ( intranet saja ) dan dengan pelanggan dan pemasok (
extranet ) . Mereka menyediakan cara untuk mendistribusikan informasi dan
menyimpan kebijakan perusahaan , program , dan data. Kedua jenis jaring dapat
disesuaikan oleh pengguna dan menyediakan satu titik akses ke informasi dari
beberapa sistem yang berbeda . Bisnis dapat menghubungkan jaring untuk
transaksi sistem pengolahan dengan mudah dan cepat . Antarmuka antara jaring
dan TPS , MIS , DSS , dan ESS sistem menyediakan input dan output bagi pengguna
.
5.
Apa perbedaan antara e-business, e-commerce, dan e-government.
a. Apa perbedaan e-business
dengan e-commerce
# E-BUSINESS
Penggunaan teknologi Internet untuk
menghubungkan dan memperkuat proses-proses bisnis, perdagangan elektronis
(electronic commerce atau e-commerce), dan komunikasi serta kolaborasi antar
sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra kerja bisnis
elektronis lainnya.
# E-COMMERCE
Aplikasi perdagangan
elektronis digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan,
pemasaran produk, jasa, dan informasi melalui Internet.
b. Jelaskan yang dimaksud
e-government
# E-GOVERMENT
penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah
untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta
hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat
diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk
meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses
kepemerintahan yang demokratis
Comments
Post a Comment